Goa Gong

       Goa Gong ? Bukankah unik untuk nama sebuah goa ? Ya, begitulah . Namanya memang unik, tapi goanya keren. meskipun namanya Goa Gong, bukan berarti goa ini di bentuk dari Gong(salah satu gamelan Jawa) atau terdapat banyak Gong di goa ini. Untuk lebih jelasnya , kali ini saya akan membahas keindahan dari Goa Gong.



Goa Gong adalah wisata alam yang terletak di kabupaten Pacitan Jawa Timur. Goa Gong ini letaknya tersembunyi, goa ini mempunyai panjang keseluruhan hingga 256 meter serta berbentuk horizontal. Stalaktit yang ada di goa ini begitu indah begitupun stalakmitnya. Bahkan goa ini merupakan goa dengan stalaktit dan stalagmit paling indah di kawasan Asia Tenggara. Penamaanya sendiri goa “gong” karena berdasarkan cerita sering terdengar bunyi layaknya suara gong.

     Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati Goa Gong ini dengan nyaman.
Tidak benar-benar terang, tapi Goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan Goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan.

     Letak goa ini sangat dekat dengan pantai klanyar dan sekitar 30 km dari kota Pacitan, kita bisa kesana dengan menggunakan kendaraan motor/mobil dengan jalan yang berliku sehingga sangat disarankan untuk berhati-hati. Untuk menuju ke Goa Gong, terdapat 2 jalur alternatif. Jalur pertama adalah jalur yang melalui Pracimantoro dan jalur kedua dari Kota Pacitan.

     Sebelum memasuki tempat wisata Goa Gong para wisatawan perlu berjalan sekitar 100 m. Bagi Anda yang tidak membawa perbekalan alat penerang seperti senter, di dalam goa akan banyak penyewaan senter yang dapat Anda sewa, bagi Anda juga yang tidak terbiasa berjalan jauh, tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan ke goa banyak sekali warung yang menjual jajanan yang dapat Anda nikmati juga sebagai tempat beristirahat, selain jajanan makanan ada beberapa juga yang menjual souvenir khas kota pacitan. Bahkan apabila anda ingin menginap, terdapat penyewaan hotel maupun penginapan lain yang ada sekitar.

     Di dalam goa mata kita dimanjakan dengan keindahan goa apalagi jika kita membawa senter maka kita bisa lebih jelas, untuk jalan di dalam goa sudah di persiapkan jalur yang telah disemen juga ada besi untuk pegangan bagi para pengunjung, jadi dipastikan anda akan merasa nyaman. Stalagtit dan stalagmit pada goa seakan menghipnotis mata kita, lampu neon di dalamnya juga semakin menambah keindahan dalam goa. Gua ini terdapat beberapa ruangan. yang pertama anda bisa jumpai ruang Sendang Bidadari yang terdapat air bersih dan dingin di dalamnya. Dan di sebelahnya adalah ruang Bidadari. Ruangan ketiga dan keempat terdapat ruang kristal dan marmer, yang mana di dalamnya ruangan tersebut tersimpan batu kristal dan marmer dengan kualitas yang mendekati sempurna. Ruangan kelima adalah ruangan paling luas. Nah ditempat ini biasa di adakannya sebuah konser musik. Ruang keenam merupakan tempat pertapaan, yang terakir adalah ruangan batu gong di mana apabila kita memukulnya akan keluar suara layaknya suara gong.

     Semoga bermanfaat info Goa Gong ini. Tapi ingat ! Keindahan Goa Gong akan tampak lebih indah jika anda sendiri yang melihatnya.
Previous
Next Post »