Letak Pacitan

      Kabupaten Pacitan terletak di Pulau Jawa Provinsi Jawa Timur tepatnya di ujung barat daya. Batasan wilayahnya , di utara ada Kabupaten Ponorogo , di timur ada Kabupaten Trenggalek , Samudra Hindia di bagian selatan, dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di bagian barat. Wilayahnya sebagian besar berupa pegunungan kapur . Jadi untuk lahan pertanian tanah tersebut kurang cocok.

     Pacitan dikenal sebagai kota 1001 Goa karena terdapat banyak sekali goa dan goa-goa tersebut juga indah . Diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (ada yang bilang sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara) . Di daerah sekitar pegunungan seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat - alat purbakala.

     Ibukota Kabupaten Pacitan terletak 101 km sebelah selatan dari Kota Madiun. Terminal utama yaitu terminal kelas A Pacitan. Akses jalan timur (dari Ponorogo & Madiun) pada awal tahun 2014 sudah cukup baik dan juga lebar, sementara akses jalan barat ke arah Jawa Tengah ada 2 rute pilihan, yaitu melewati jalur selatan dengan rute lebih panjang namun jalan relatif lebar atau melewati rute Sedeng dengan jarak tempuh lebih pendek namun harus melewati tanjakan sedeng barat (desa Sedeng) cukup tajam, jadi bus besar tidak memungkinkan lewat jalur ini.

     Namun saat ini telah dibangun jalur alternatif Lintas Selatan yang melewati wilayah bagian selatan Kabupaten Pacitan ke arah bagian timur, yang menghubungkan Pacitan dengan Kabuputen Trenggalek, yang melalui jalur Pacitan Kota - Kebonagung - Tulakan - Lorok - Sudimoro - Panggul (wil. Kab. Trenggalek) juga menghubungkan jalur Yogyakarta - Pracimantoro - Pacitan

     Rute terjauh dari akses jalur timur adalah ke Surabaya yang dilayani bus besar patas AC, tapi dalam 1 hari ada 3x pemberangkatan dari dan ke Pacitan , serta ada juga beberapa agen travel yang melayani perjalanan 2x dalam 1 hari. Rute selanjutnya adalah Ponorogo - Pacitan dilayani bus 3/4, armada dengan tipe seperti ini cukup banyak sehingga dalam 1 hari lebih dari 5 pemberangkatan bus dari terminal kelas A Pacitan.

     Rute barat (ke Surakarta) dilayani bus AKAP dengan jumlah yang cukup banyak , tapi hanya beroperasi dari jam 03.00 sampai jam 18.00. Untuk rute barat lewat Sedeng hanya dilayani kendaraan umum tipe kecil seperti colt dan carry dengan pemberhentian terakhir di Kecamatan Punung.
Oldest